Rabu, 13 April 2016

KOMUNIKASI EFEKTIF

TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

                  a. Pengertian komunikasi
Upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi dsb, agar diketahui atau dipahami oleh orang lain
To make opinions, feelings, information etc, known Or understood by others (Longman)
Kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat seseorang sehingga dapat mengerti dan dimengerti oleh orang lain.



b.      Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli
Dari semua pengetahuan dan ketrampilan yang anda miliki, pengetahuan dan ketrampilan komunikasi termasuk  di antara  yang paling penting dan berguna..J.A Devito,1997

Kemampuan berkomunikasi menunjukan kemampuan  mengirimkan pesan dengan jelas, manusiawi dan efisien, dan menerima  pesan-pesan secara akurat. D.B.Curtis,1992.

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol seperti kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain. Komunikasi ini seperti yang dikemukakan Berelson dan Stainer (1964).

Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Definisi ini seperti yang dikemukakan Weaver (1949) (Zubair, 2006

c.       Fungsi Komunikasi
1.      Mencapai pengertian satu sama lain
2.      Membina kepercayaan
3.      Mengkoordinir tindakan
4.      Merencanakan strategi
5.      Melakukan pembagian pekerjaan
6.      Berbagi rasa

                                                                 
d.      Keterampilan Komunikasi
1.      Mendengarkan
2.       Bertingkah laku asertif
3.       Menyelesaikan konflik
4.       Membaca situasi
5.       Melakukan persuasi

e.       Komponen dalam komunikasi
1.      IDE /GAGASAN
2.      KOMUNIKATOR
3.      PESAN
4.      MEDIA
5.      Panca indra PENERIMA
6.      RESPON

f.       UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI



Pengertian dari unsur tersebut adalah :
Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi. Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan

Media segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan.

Komunikan komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

 Jadi, unsur-unsur komunikasi ini menjelaskan bahwa dalam berkomunikasi tanpa kita sadari bahwa untuk berkomunikasi saja mempunyai teknik. Komunikator menggunakan media untuk memberikan pesan atau informasi untuk komunikan atau si penerima pesan, dengan begitu komunikan akan memberi umpan balik yang menanggapi informasi yang telah diterima.

g.       Tugas komunikator
1.      Identifikasi sasaran : umur, jenis kelamin, ltr blk budaya, profesi dll
2.      Formulasi isi pesan:kata atau gerakan yang tepat, mudah ditafsirkan
3.      Pemilihan saluran komunikasi:media
4.      Kredibilitas komunikator: mengethui masalah dan sangat kompeten di bidangnya
komunikator harus mampu membawa audience ke dalam suatu percakapan yang mampu memberikan suatu kenyamanan, kehangatan, persahabatan

h.      Pengaruh isi pesan
1.      Validitas pesan: diterima akal sehat,
2.      Aktualitas pesan: misal banyaknya pelanggaran remaja karena modifikasi kendaraan yang tidak terarah
3.      Kemasan isi pesa:sesuai audience baik karakteristik profesi atau budaya,bahasa

i.        Komunikan : pendengar/audience, pembaca, penonton
1.      Identitas pribadi : usia, pekerjaan, jns kelamin dll
2.      Kebutuhan, minat dan selera
3.      Latar belakang kultural : sistem nilai, adat istiadat, bahasa, dialek, kebiasaan hidup
4.      Kesamaan kerangka acuan : pengalaman hidup, pendidikan, profesi dll

Komunikasi Efektif

 Pengertian

           Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
Komunikasi Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.

B. Tujuan dan bentuk komunikasi efektif

Tujuannya adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan.
> Bentuk komunikasi efektif :
   1. Komunikasi verbal efektif :
       - Berlangsung secara timbal balik.
       - Makna pesan ringkas dan jelas.
       - Bahasa mudah dipahami.
       - Cara penyampaian mudah diterima.
       - Disampaikan secara tulus.
       - Mempunyai tujuan yang jelas.
       - Memperlihatkan norma yang berlaku.
       - Disertai dengan humor.

   2. Komunikasi non verbal :
        Yang perlu di perhatikan dalam komunikasi non verbal adalah :
       - Penampilan visik.
       - Sikap tubuh dan cara berjalan.
       - Ekspresi wajah.
       - Sentuhan

a.       Komunikasi Verbal dan Nonverbal


Albert Mehrabian (1981): makna setiap kegiatan komunikasi dihasilkan dari fungsi2: 7% pernyataan verbal, 38% bentuk vokal, 55% ekspresi wajah

-          Komunikasi Verbal
Komunikasi Verbal adalah :
            Bentuk komunikasi yang menggunakan kata-kata, baik dalam bentuk percakapan maupun tulisan (speak language)
Komunikasi Verbal mengandung :
a.       Makna Denotatif
Makna denotatif adalah makna dalam alam wajar secara eksplisit. Makna wajar ini adalah makna yang sesuai dengan apa adanya. Denotatif adalah suatu pengertian yang dikandung sebuah kata secara objektif. Sering juga makna denotatif disebut makna konseptual. Kata makan, misalanya, bermakna memasukkan sesuatu ke dalam mulut, dikunyah, dan ditelan. Makna makanseperti itu adalah makna denotatif.
b.      Makna Konotatif
Makna konotatif adalah makna asosiatif, makna yang timbul dari sikap sosial, sikap pribadi, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual. Kata makan dalam makna konotatif untung atau pukul.

Aspek komunikasi verbal
o  Vocabulary  ( perbendaharaan kata )
Hal ini bermaksud bahwa untuk berkomunikasi efektif maka wajibnya seorang yang memberikan informasi memiliki perbendaharaan kata. Melihat dri berbagai umur, golongan atau pun lainnya maka kita harus memiliki pengetahuan luas tentang peebendaharaan kata agar tidak terlalu high profile
o  Racing (kecepatan). 
o  Intonasi suara:
Intonasi suara juga harus diperhatikan saat kita memberikan sebuah informasi, agar setiap posisi dimana pun si pendengar, pendengar dengan lebih jelas dan tepat mendapatkan informasinya.
o  Humor:
Dalam berkomunikasi juga kita harus memiliki gaya dalam hal humor, untuk membangkitkan semangat pendengar dalam mendapatkan informasi
o  Singkat dan jelas.
Pesan yang diterima haruslah singkat dan jelas untuk mengefektikan informasi yang diberikan, karena banyak komunikator mengabaikan hal ini akibatnya adalah komunikator merasa bosan.
o  Timing (waktu yang tepat)
Waktu yang tepat merupakan aspek yang harus diperhatikan dalam memberi informasi. Sebagai contoh adalah komunikator dan komunikan dengan keadaan siap menerima informasi, jangan memberikan informasi saat waktu yang medesak , informasi yang akan diberikan tidak akan efektif.
Unsur komunikasi non verbal
o  Ekspresi wajah  
Ekspresi wajah ini akan menunjukan sebuah informasi yang penting atau paparan yang penting, dengan kita memiliki mimik wajah yang penuh energik maka komunikan pun merasa terajak oleh komunikator untuk merubah sikap, hidarin wajah yang datar atau tanpa ekspresi hal ini komunikan akan bosan atau pun tidak paham dalam pemaparan informasi maka informasi pun tidak diterima secara efektif.
1.      Rasa senang & tidak senang
2.      Arousal atau aktivitas fisik & psikis/mental
3.      Rasa dominan & sikap menurut
Hal2 yang perlu diperhatikan:
1.      Keakuratan: ketepatan ekspresi emosi wajah tidak sesuai dg hasil ekspresi yg diterima
2.      Pengaruh dari konteks: diterima berbeda dlm konteks yg berbeda
3.      Universal atau relatif
4.      Ekspresi sesaat

o  Kontak mata
Saat kita memberikan sebuah informasi alangkah baiknya kita menatap mata komunikan agar komunikan dapat yakin bahwa tidak ada dusta diantara komunikator dan komunikan.
1.      Fungsi Kontak mata:
                        a. Memonitor umpan balik
b. Tanda kembali pada percakapan
c. Tanda hakikat hubungan
d. Kedekatan fisik
2. Fungsi menghindari: tertarik atau menjaga jarak personal
3. Melebarkan mata
o  Sentuhan  dan bau-bauan
Sentuhan adl jenis komunikasi non verbal yg paling primitif.
Fungsinya:
a.       Ungkapan seksual
b.      Menghibur atau memberi dukungan
c.       Kekuasaan & dominasi

o  Postur tubuh dan gaya berjalan
Saat kita menggunakan seragam taruna, maka kita juga harus menjaga postur tubuh dan gaya berjalan seorang taruna. Agar komunikan yakin bahwa kita adalah seorang taruna yang tegas, tegap dan penuh semangat
o  Sound (Suara)
o  Gerak isyarat
a. Emblem: tanda2 yg mengganti kata-kata atau frase2 secara langsung
b. Ilustrator: menggambarkan suatu pesan
c. Penampilan afeksi: mengekspresikan makna2 emosi
d. Regulator: mengatur (memonitor, menjaga & mengontrol)
CIRI-CIRI KOMUNAKSI  TDK EFEKTIF
1.      Bertele-tele
2.      Malu-malu
3.      Marah-marah
4.      Maksud yg disampaikan tdk jelas
5.      Tersembunyi maksud pesan
6.      Non verbal
7.      Satu arah
8.      Tidak responsive
9.      Tidak nyambung
10.  Tidak terbuka




Sumber  : https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar